Bunga Lily

 In Hobiku

Bunga bakung di padang diberi keindahan, terlebih diriku dikasihi Tuhan

Itu petikan sebuah lagu yang menggambarkan betapa keindahan bunga Bakung atau bunga Lily.

Saya dulunya rancu atau mungkin anda pun seringkali keliru yang mana yang disebut bunga Lily (bunga Bakung). Beberapa jenis bunga pun menggunakan nama Lily atau lebih tepatnya diberi tambahan julukan “Lily” pada namanya.

Yuk.. kita mengenal yang sesungguhnya bunga Lily dan bunga-bunga yang diberi julukan Lily pada namanya yang kebetulan saya tanam di pekarangan dan kebun kecil saya.

Lily (Lilium)

Bunga inilah yang sesungguhnya Lily sejati. Fisik tanaman terlihat seperti gambar di samping. Aroma bunga ini khas, wangi yang lembut. Berdasarkan klasifikasi ilmiahnya, bunga ini digolongkan ke dalam :

Ordo (Bangsa)

: Liliales

Famili (Suku)

: Liliaceae

Genus (Marga)

: Lilium

Selanjutnya jenis bunga lainnya yang sering disebut sebagai Lily ataupun menggunakan tambahan julukan “Lily” pada namanya adalah dari Ordo Asparagales, yaitu Famili Amaryllidaceae dan Famili Asphodelaceae.

Famili Amaryllidaceae terbagi menjadi 3 Subfamili yaitu :

  1. Amaryllidoideae, 4 Genus dari Subfamili ini sering disebut dan diberi tambahan julukan Lily, yaitu : Hippeastrum, Clivia, Habranthus dan Zephyranthes
  2. Agaphanthoideae, 1 Genus dari SubFamili ini diberi tambahan julukan Lily yaitu Agaphantus
  3. Allioideae (bawang-bawangan)

Sedangkan pada Family Asphodelaceae, 1 Genus yang sering disebut juga sebagai Lily yaitu Hemerocallis yang termasuk dalam SubFamily Hemerocallidoideae

Hippeastrum (Amaryllis)

Bunga ini yang dulunya saya kira bunga Lily 🙂 , berdasarkan klasifikasi ilmiahnya digolongkan ke dalam :

Ordo (Bangsa)

: Asparagales

Famili (Suku)

: Amaryllidaceae

Subfamily (Subsuku)

: Amaryllidoideae

Genus (Marga)

: Hippeastrum

Hippeastrum (3)
amaryllis merah putih

Clivia (Natal Lily)

Bunga Clivia (Natal Lily) yang saya tanam di kebun saya, belum berbunga. Bunganya berwarna oranye (silahkan di search di google ya seperti apa bunganya). Tanaman ini berasal dari Afrika Selatan. Fisik daun lebih tebal dan hijau dibandingkan jenis Hippeastrum (Amaryllis). Berdasarkan klasifikasi ilmiahnya, tanaman ini digolongkan ke dalam :

Ordo (Bangsa)

: Asparagales

Famili (Suku)

: Amaryllidaceae

Subfamily (Subsuku)

: Amaryllidoideae

Genus (Marga)

: Clivia

Habranthus (Rain Lily)

Sering disebut juga sebagai Rainlily, meskipun dipisah dalam Genus yang berbeda dengan saudaranya Zephyranthes. Fisik tanaman seperti terlihat pada gambar di samping, daunnya lebih lebar dibandingkan Zephyranthes. Berdasarkan klasifikasi ilmiahnya digolongkan ke dalam :

Ordo (Bangsa)

: Asparagales

Famili (Suku)

: Amaryllidaceae

Subfamily (Subsuku)

: Amaryllidoideae

Genus (Marga)

: Habranthus

Zephyranthes (Rain Lily)

Dikenal dengan nama Rainlily (Lili hujan) karena biasanya mekarnya sebagai penanda awalnya musim hujan. Berdasarkan klasifikasi ilmiahnya digolongkan ke dalam :

Ordo (Bangsa)

: Asparagales

Famili (Suku)

: Amaryllidaceae

Subfamily (Subsuku)

: Amaryllidoideae

Genus (Marga)

: Zephyranthes

Zephyranthes (3)
zephyranthes kuning
Zephyranthes
zephyranthes putih gading

Hemerocallis (Daylily)

Secara penampakan bunga (bukan fisik tanaman), jenis Daylily ini yang paling mirip dengan Lily (Lilium), namun tidak beraroma/wangi. Berdasarkan klasifikasi ilmiahnya digolongkan ke dalam :

Ordo (Bangsa)

: Asparagales

Famili (Suku)

: Asphodelaceae

Subfamily (Subsuku)

: Hemerocallidoideae

Genus (Marga)

: Hemerocallis

Recommended Posts
Showing 3 comments
  • Nella (Emaknya Benjamin)
    Reply

    Sama da dulu saya kira amaryllis tuh yg bunga bakung ternyata salah ye hehe 😀 . Sementara saya punyanya lilium dan amaryllis, lily lainnya yg eda bahas belum punya, dalili pernah punya mati hehe bingung penyiramannya, ya mati dia 😀 .

    • kusdania
      Reply

      Andai eda dekat, saya mau deh dikirimin Liliumnya 🙂 . Daylily yg dirumah saya tanam di tanah da, jarang saya siram saya biarkan pada hujan yang menyiramnya hehe kecuali udah brp hari ga hujan baru tak siram

      • Nella (Emaknya Benjamin)
        Reply

        Iya da klo dekat bisalah aku kirim lilinya 😀 . NIh aku ada dititipi daylili takut mati spt punyaku sendiri jd jarang kusiram, klo hujan baru ditaruh tempat kena air hujan aja, sejauh ini subur.. feelingku sih mulai berbunga ditahun kedua ya da?.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search